Minggu, 14 Juni 2009

Mana Yang Kita Dahulukan, Shalat Tahiyyatul Masjid Atau Qabliyyah?

Tanya : Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuhu. Bagaimana kabarnya Ustadz ? Mau nanya sedikit Ustadz , manakah yang kita dahulukan dalam sunnah bila kita takhir ke masjid . Apakah tahiyyatul masjid atau qabliyyah shalat dulu yang kita kerjakan ? Kedua : Apakah ada hadist yang mengatakan kalau kita meninggalkan shalat harus diqadha ? Doa apa saja yang kita baca dalam sujud sahwi ? ( 0508153351 )

Jawab : Wa'alaikum salam warahmatullahi wa barakatuhu . Baik , alhamdulillah .
1. Tahiyyatul Masjid artinya menghormati masjid . Cara menghormatinya adalah kalau kita masuk masjid maka kita gunakan untuk shalat sebelum kita duduk .
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
إذا دخل أحدكم المسجد فليركع ركعتين قبل أن يجلس
"Jika salah seorang dari kalian masuk masjid maka hendaklah dia shalat 2 rakaat sebelum duduk" (HR. Al-Bukhary dan Muslim)
Shalat di sini umum baik shalat fardhu , shalat Qabliyyah , shalat dhuha dll . Oleh karena itu , seandainya antum masuk masjid kemudian shalat Qabliyyah maka otomatis antum sudah shalat tahiyyatul masjid . Dan tidak perlu antum shalat tahiyyatul masjid dulu baru shalat Qabliyyah .
2. Hadist yang berkaitan dengan mengqadha shalat adalah sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam :
مَنْ نَسِيَ صَلَاةً أَوْ نَامَ عَنْهَا فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا
Artinya : Barangsiapa yang lupa shalat atau ketiduran maka tebusannya adalah dia shalat ketika dia ingat . ( HR. Al-Bukhary Muslim )
Hadist ini menyebutkan bahwa sebab mengqadha adalah ketidaksengajaan , seperti ketiduran , lupa , atau yang semisalnya seperti orang sakit yang menyangka bahwa dia tidak wajib shalat . Tapi kalau sengaja meninggalkan maka tidak mengqadha , seandainya mengqadhapun tidak akan diterima . Cukup dengan taubat nasuha ( sungguh-sungguh ) dan berniat untuk tidak mengulangi lagi pada masa yang akan datang .
3. Dzikir ketika sujud sahwi sama dengan dzikir ketika sujud biasa dalam shalat , dan tidak ada dalil yang shahih yang isinya dzikir khusus untuk sujud sahwi .
Wa billahittaufiq .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar